Merdeka.com – Pertumbuhan nama domain Indonesia terus menunjukkan tren positif. Berdasarkan statistik terbaru domain .ID dari PANDI (Pengelola Domain Internet Indonesia), sebentar lagi jumlah domain yang berakhiran .id tersebut segera menyentuh angka 120 ribu domain.

Berdasarkan statistik PANDI per 1 November, jumlah domain .ID sudah mencapai angka 119.576 buah. Ada penambahan 1380 domain baru dari bulan September. Sayangnya, pertumbuhan terakhir domain .ID di bulan September ke Oktober menjadi yang terendah sejak bulan Juli.

Peningkatan jumlah domain .ID bulan September ke Oktober kalah dengan pertumbuhan domain .ID dari bulan Juli ke Agustus yang mencapai angka 4449 buah domain baru, dan pertumbuhan domain dari bulan Agustus hingga September yang jumlahnya mencapai 2979 domain baru. Pertumbuhan pesat domain .ID di bulan Juli hingga September, utamanya di bulan Agustus juga terjadi akibat pengaruh pendaftaran domain Apapun .ID.

Lebih lanjut, hingga bulan Oktober kemarin, domain .ID yang bercokol di puncak dengan jumlah terbanyak masih dipegang oleh domain .co.id dengan jumlah 56.404 domain. Di peringkat kedua masih dipegang oleh domain Full Article.web.id di angka 23.820 domain, meskipun jumlahnya menurun dari bulan September yang sempat tercatat hingga 24.124 buah domain.

Selain domain .web.id, domain yang mengalami penurunan jumlah dari bulan September adalah domain .net.id dan .my.id. Terdapat pula domain yang jumlahnya stagnan yaitu domain .mil.id.